4 Kebutuhan Nutrisi pada Bayi yang Utama saat Mpasi 

Author:

Rosa – Kebutuhan nutrisi pada bayi penting sekali dipenuhi di awal masa kehidupannya. Selama masa MPASI penting untuk Anda memastikan nutrisi terpenuhi dengan baik. Berikut ini kebutuhan nutrisi utama saat MPASI agar tumbuh kembang optimal.

kebutuhan nutrisi pada bayi

1. Karbohidrat

Biasanya nutrisi laktosa didapatkan dari pemberian ASI. Saat di masa MPASI nutrisi karbohidrat ini perlu dipenuhi dengan berbagai makanan sumber karbohidrat. Menu utama yang harus selalu ada di setiap pemberian MPASI.

Nutrisi karbohidrat yang terpenuhi berguna untuk menghasilkan energi untuk membuat bayi beraktivitas dengan leluasa apa lagi saat sedang aktif-aktifnya. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat bisa dari nasi, mie, roti, kentang, atau sejenis makaroni.

2. Protein

Nutrisi utama berikutnya adalah protein yang penting sekali bagi tumbuh kembang bayi. Nutrisi ini merupakan bahan utama untuk pembentukan berbagai struktur organ, otot, tulang, dan bagian sel saraf otak.

Penting untuk memberikan takaran yang tepat di dalam menu MPASI bayi Anda. Sumber protein ada banyak sekali yang bisa divariasikan agar bayi tidak bosan. Ada daging, telur, tahu, kacang-kacangan, hasil olahan susu, dan tempe. Anda tinggal memilih dan menemukan mana protein yang menjadi favorite si bayi.

3. Lemak

Lemak perlu diberikan dengan takaran yang pas untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Lemak yang dikonsumsi juga menjadi sumber energi bayi. Kebutuhan nutrisi pada bayi harus optimal agar bayi Anda tidak mengalami masalah tumbuh kembang. Lemak didapatkan dari berbagai minyak sayur, mentega, dan margarin.

4. Vitamin dan Mineral

Nutrisi di dalam sumber serat yang sangat bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh. Pemberiannya tidak perlu banyak tetapi selalu ada di setiap menu MPASI. Ini juga menjadi cara mengenalkan berbagai sumber serat ke dalam menu makanannya.

Sumber bahan pokoknya yaitu ada bayam, buncis, jagung. jamur, wortel, brokoli, atau kangkung. Bisa juga dari buah-buahan seperti melon, pepaya, alpukat, pir, apel, dan semangka.

Kebutuhan nutrisi pada bayi jika tidak terpenuhi dengan baik akan berdampak pada tumbuh kembangnya. Selain itu juga mempengaruhi imunitas si bayi yang akan mudah sakit atau lebih terlihat lemas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.