4 Manfaat Lakukan Olahraga Saat Hamil

Rosa – Banyak ibu hamil merasa tak ingin melakukan olahraga saat berbadan dua sebab memiliki kekhawatiran akan merasa lelah berlebihan dan berbahaya bagi kandungannya. Faktanya ada banyak manfaat senam hamil atau olahraga ringan lainnya bagi sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Sehingga tak ada salahnya bagi ibu hamil untuk melakukan kegiatan olahraga pada masa kehamilannya.

Manfaat Senam untuk Ibu Hamil

Masa mengandung tak berarti seorang ibu hamil harus menghabiskan waktunya seharian hanya untuk istirahat dan tak beraktivitas lain. Demi menjaga tubuh ibu hamil tetap selalu sehat dan bugar, ibu yang tengah mengandung harus tetap rutin berolahraga secara berkala dan sesuai dengan kondisinya. Berikut ialah beberapa manfaat senam yang baik untuk ibu hamil dan janinnya:

manfaat senam hamil

1. Mempermudah Proses Persalinan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga saat masa hamil bisa membantu agar proses persalinan lebih mudah serta mempersingkat waktu untuk persalinan ibu hamil. Berkat olahraga yang dilakukan otot panggul dan juga jalan lahir sang ibu akan lebih kuat serta sistem peredaran darahnya pun akan lebih lancar. Sehingga ibu hamil memiliki stamina kuat untuk mendorong bayi keluar dari rahimnya.

2. Menurunkan Risiko Komplikasi

Khasiat atau manfaat senam hamil lainnya yang bisa Anda rasakan ialah bisa membantu menurunkan risiko komplikasi. Pada masa kehamilan seorang ibu hamil biasanya memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi sehingga sangat rentan mengalami diabetes gestasional. Dengan rutin melakukan olahraga maka risiko diabetes serta komplikasi berbahaya lainnya bisa dihindari dan membuat tubuh ibu hamil tetap sehat.

3. Memudahkan Penurunan Berat Badan Setelah Melahirkan

Selain membuat tubuh tidak memiliki berat badan yang berlebihan saat hamil, rutin melakukan olahraga saat sedang mengandung ternyata juga bisa mempermudah penurunan berat badan setelah proses melahirkan bayi.

4. Membantu Ibu Hamil Tidur Nyenyak

Salah satu hal yang sering dikeluhkan seseorang saat sedang hamil ialah waktu tidur yang tidak cukup dan tidak nyenyak. Dengan rutin berolahraga ternyata hal tersebut bisa membantu agar ibu hamil bisa memiliki jam tidur yang lebih baik dan nyenyak. Tapi perlu diingat bahwa olahraga tersebut jangan dilakukan pada saat Anda ingin tidur. Hal tersebut akan memberi Anda energi secara berlebihan dan susah untuk terlelap.

 Itulah beberapa manfaat senam hamil yang mungkin bisa membantu Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa olahraga tersebut harus dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh dan bukan olahraga yang berat sehingga tidak membahayakan ibu hamil serta bayi yang tengah dikandungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *