7 Jenis Sakit Mata pada Anak yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Rosa – Mata adalah organ paling penting yang dipunyai anak. Oleh karena itu, orang-tua perlu mengenali beragam tipe sakit mata pada anak agar dapat menghindarinya di masa datang. Simak beragam tipe sakit mata pada anak yang biasa terjadi dan langkah menanganinya di bawah ini. Dimulai dari konjungtivitis, alergi mata, sampai ambliopia. Ketahui beragam jenis sakit mata pada anak yang umum terjadi dan langkah menanganinya.

jenis sakit mata

1. Alergi mata

Alergi mata adalah tipe sakit mata pada anak yang kerap dijumpai. Tanda-tandanya bermacam, dimulai dari mata gatal, mata berair, mata merah atau merah muda, sampai kelopak mata bengap.Pemicu sakit mata pada anak ini umumnya dipacu oleh beragam jenis alergen, misalkan bulu-bulu hewan piaraan, serbuk sari, tumbuhan, sampai jamur.Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), langkah menyembuhkan sakit mata pada anak karena alergi mata ialah menghindar pemicunya sebisa mungkin. Disamping itu, konsultasilah pada dokter untuk ketahui tipe alergen yang mengakibatkan alergi pada mata anak.

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis sebagai tipe sakit mata pada anak yang umum terjadi. Keadaan klinis ini disebabkan selaput terbuka yang melapis kelopak mata dan tutupi sisi putih bola mata namanya konjungtiva di mata alami infeksi atau peradangan.Ada tiga tipe konjungtivitis yang bisa menerpa anak-anak, dimulai dari konjungtivitis bakteri (disebabkan karena bakteri), konjungtivitis virus (disebabkan karena virus), sampai konjungtivitis alergi (disebabkan karena iritan).Langkah menyembuhkan sakit mata pada anak yang ini dilandasi pada tipe konjungtivitisnya. Dokter umumnya bisa memberi resep obat antibiotik untuk menyembuhkan konjungtivitis bakteri.Saat itu, konjungtivitis virus dapat diobati dengan beberapa obat antivirus dan konjungtivitis alergi bisa diatasi dengan menghindar alergen sebisa mungkin.

3. Ambliopia (mata malas)

Ambliopia atau mata malas ialah tipe sakit mata pada anak yang umumnya bisa kelihatan di umur bayi atau umur dini. Ambliopia dapat berpengaruh pada ketajaman visual dan mempengaruhi perubahan pandangan anak.Ada beragam langkah menyembuhkan mata malas yang bisa dicoba, misalkan memakai kacamata atau contact lensa untuk menangani mata malas yang karena rabun jauh, rabun dekat, sampai mata silinder.Dokter bisa juga mereferensikan eye patches atau penutup mata untuk menggairahkan sisi mata yang terimbas dari amblyopia. Berundinglah sama dokter untuk cari penyembuhan amblyopia terbaik untuk anak Anda.

4. Ptosis

Ptosis atau kelopak mata juga turun kerap dijumpai pada anak-anak. Bila tidak diatasi, keadaan ini bisa mengusik pandangan anak.Dokter kemungkinan bisa mereferensikan operasi untuk mengusung sisi kelopak mata yang turun itu. Ini memungkinkannya anak untuk menyaksikan lebih bagus kembali.Pemicu sakit mata pada anak ini berbagai macam. Anak-anak dapat tercipta dengan keadaan ptosis. Factor yang lain dapat mengakibatkan ptosis mencakup kerusakan pada saraf yang mengatur otot kelopak mata atau cidera pada kelopak mata.

5. Katarak

Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak bisa juga alami katarak. Tipe sakit mata pada anak ini umumnya terjadi karena cidera yang menerpa mata. Anak-anak bisa juga tercipta dengan keadaan katarak.Dokter bisa mereferensikan operasi untuk hilangkan katarak dari mata anak. Dengan demikian, anak bisa menyaksikan dengan lagi jelas.

6. Saluran air mata tersumbat

Mampetnya aliran air mata terhitung salah satunya tipe sakit mata pada anak yang kerap dijumpai. Kenyataannya, 2 dari 10 anak tercipta dengan aliran air mata yang mampet. Ini mengakibatkan air mata tidak mengucur secara normal hingga mengakibatkan mata berair, iritasi, atau infeksi.Langkah menyembuhkan sakit mata pada anak yang kemungkinan direferensikan dokter ialah tehnik pijat khusus untuk buka aliran air mata yang mampet.Bila tehnik pijat ini tidak berbuah hasil, dokter bisa lakukan proses klinis untuk buka aliran air mata anak.

7. Bintitan

Bintitan jadi tipe sakit mata pada anak yang umum terjadi. Bintitan bisa ada saat folikel bulu-bulu mata alami infeksi. Pemicu sakit mata pada anak ini biasanya datang dari bakteri Staphylococcus aureus.Untuk keluarkan nanah dari dalam tonjolan bintitan, Anda bisa coba kompres hangat. Lekatkan kompres hangat yang telah dibikin bersih ke sisi kelopak mata sepanjang dua menit sekitar 3x satu hari.Sepanjang mengompres bintitannya, Anda pun bisa memijatnya secara lembut. Ingat, janganlah sampai Anda pecahkan bintitan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *